free page hit counter

Jangan Salah Pilih, Pendidikan Bangsamu di Pertaruhkan

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia.  Selain itu pesantren juga sebagai lembaga Islam yang mampu menyebarkan perdamaian dan memperkenalkan kepada Ukhuwah Islamiyyah. Oleh karena itu sangatlah penting peran pesantren dalam membentuk karakter para santri yang akan menjadi penerus bangsa ini.

Namun, akhir-akhir ini masyarakat digegerkan dengan maraknya kabar tentang paham radikalisme yang masuk ke dunia pesantren. Pada dasarnya pesantren mengajarkan ajaran Islam yang damai, mengasihi sesama, menghargai perbedaan, menjunjung nilai-nilai Pancasila dan NKRI, akan tetapi terdapat beberapa pesantren yang bertolak belakang dengan ajaran yang semestinya. Pesantren ini justru seolah menciptakan generasi pelaku kekerasan, fanatik, membenci pemerintahan negara, dan menolak pancasila.

Adanya kabar tersebut menjatuhkan kepercayaan  para orang tua kepada pendidikan pesantren dan membuat mereka was-was ketika akan memasukan anaknya di lembaga pesantren.  Namun, tidak semua pesantren mengajarkan paham radikalisme, bahkan masih banyak yang menanamkan karakter pada para santri yang mampu sebagai benteng untuk menangkal paham radikalisme saat ini.

Sebagai orang tua sangatlah penting dalam memilah milih pesantren untuk anak-anaknya, tidak hanya memandang bangunan yang megah, fasilitas lengkap dan terpenuhi, namun didalamnya tidak ada tiang bendera, dan menganggap hormat bendera adalah hal yang musyrik. Justru  hal ini sangatlah berbayaha dalam penanaman ideologi bagi santri.  

Oleh karena itu, hal utama dalam memilih pesantren tidak dilihat dari segi bangunan maupun fasilititasnya, namun soal akidah dan ideologi yang diajarkan untuk dijadikan acuan utama dalam memilih pesantren.  Kita memandang akidah dan ideologi yang berlandaskan ahlussunnah wal jamaah sangat penting terutama bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas warga NU (Nahdlatul ulama) dan pendidikan yang diajarkan tidak akan diragukan, baik dalam ilmu keagamaan maupun untuk penerus warga NKRI ini.

Hal yang tak kalah penting lagi dalam memilih pesantren adalah memilih sanad keilmuan para kyai dan asatidznya yang jelas. Dari kejelasan sanad keilmuan yang dimiliki sang kyai sampai menyambung dengan keilmuan Rasulullah dan malaikat jibril dan sampai dengan Allah SWT, insyaallah akan mendapat keberkahan tersendiri.

Oleh : Istianah

Sumber gambar : www.khozinatululum.com

Anda mungkin juga suka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *