free page hit counter

“Local Wisdom” Bukti Kekayaan Bangsa Indonesia (1)

santrimillenial.id – Negara Indonesia merupakan negara yang sangat kaya. Hal ini dapat kita lihat dari aspek geografis Indonesia, bahwa Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Dilansir dari detikcom, bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki luas daratan 1.913.578,68 km² dan luas perairannya mencapai 6.653.341,439 km². Selain mempunyai daratan dan perairan yang sangat luas, Indonesia juga mempunyai penduduk yang sangat banyak. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk Indonesia pada tahun 2023 diproyeksikan mencapai 278,8 juta jiwa.

Istilah “Budaya”

Banyaknya jumlah warga Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke berkonskuensi terhadap munculnya banyak budaya lokal atau local wisdom di setiap daerah. Istilah “budaya” berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Budhayyah yang merupakan bentuk jamak dari kata buddhi (akal atau budi) yang mempunyai arti hal-hal yang berkaitan dengan akal atau budi. Sedangkan menurut seorang antropolog yang berasal dari Inggris, Edward Burnett Tylor (1832 – 1917) mengatakan budaya sebagai suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, hukum, adat istiadat, serta kesanggupan dan kebisaan lain yang dipelajari manusia sebagai anggota masyarakat. Dari penjelasan singkat terkait dengan istilah “budaya” di atas, dapat kita pahami bahwa budaya adalah sebuah pola hidup masyarakat di suatu wilayah dan setiap wilayah akan mempunyai budaya yang berbeda-beda.

Local Wisdom bagian dari Budaya

Kebudayaan di sebuah wilayah disebut sebagai local wisdom atau kearifan lokal. Local wisdom merupakan bagian dari budaya suatu masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari bahasa masyarakat itu sendiri. Biasanya, kearifan lokal atau local wisdom diperoleh secara turun-temurun dari suatu generasi ke generasi melalui cerita dari mulut ke mulut. Sartini dalam penelitiannya”Menggali Kearifan Lokal Nusantara Sebuah Kajian Filsafati” menjelaskan bahwa, local wisdom dapat diartikan sebagai gagasan-gagasan setempat (local) yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakat.Contoh dari local wisdom yang ada di Indonesia, terutama di Provinsi Jawa Tengah akan saya paparkan di bagian selanjutnya.

Anda mungkin juga suka.