free page hit counter

Menyambut Bulan Rajab, Bulan Yang Penuh Kemuliaan

santrimillenial.id – Rajab adalah salah satu bulan yang diagungkan Allah SWT dalam penanggalan hijriyyah. Kata Rajab sendiri berasal dari kata “tarjib” yang bermakna agung dan mulia. Selain bulan Rajab terdapat bulan-bulan lain yang diberikan keistimewaan oleh Allah, diantaranya Muharram, Dzulqo’dah dan Dzulhijjah.

Filosofi Makna Rajab

Menurut Syekh Abdul Qodir Al Jailani dalam kitab Al-Ghuniyah, Rajab terdiri dari tiga huruf, yaitu Ra’, Jim, dan Ba’. Ra’ adalah Rahmatullâh (rahmat Allah), Jim adalah Jûdullâh (kemudahan Allah), dan Ba’ adalah Birrullâh (kebaikan Allah). Maksudnya, mulai awal hingga akhir bulan Rajab, Allah SWT melimpahkan tiga anugerah kepada hamba-hamba-Nya, yaitu limpahan rahmat, kemudahan, dan kebaikan dari Allah SWT. Ini menunjukkan kemuliaan dan keagungan dari bulan Rajab.

Peristiwa di Bulan Rajab

Salah satu peristiwa yang sangat termasyhur dibulan Rajab yakni peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dari masjidil haram Makkah menuju masjidil Aqsho Palestina. Kemudian dilanjutkan menuju Sidratil Muntaha untuk menghadap Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Isra’ ayat 1:


سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Artinya: Maha-Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjid Aqsho yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Doa di Bulan Rajab

Memasuki bulan Rajab, kita sebagai umat Islam dianjurkan untuk berdo’a yang sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW, yakni do’anya


اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya: “Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.”

Selain mengamalkan do’a tersebut, terdapat amaliah lain yang dapat diamalkan di bulan rajab yang mulia ini, diantaranya: berpuasa rajab, shalat Rajab, memperbanyak shadaqoh, memperingati isra’ mi’raj, memperbanyak istighfar dan dzikir.
Semoga kita sebagai umat islam, bisa mendapatkan kemuliaan yang terdapat di bulan yang mulia ini.

sumber : NU Online

Oleh: Istianah, PP. Khozinatul Ulum Blora

Anda mungkin juga suka.