Narasi

Peristiwa-Peristiwa Penting di Bulan Rajab

santrimillenial.id – Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang istimewa karena termasuk dalam Asyhurul Hurum (bulan-bulan mulia) pilihan Allah SWT, selain itu di bulan ini terjadi beberapa peristiwa penting dan bersejarah bagi umat Islam.

Peristiwa Penting Bulan Rajab

Berikut adalah peristiwa apa saja yang terjadi di bulan Rajab:

  • Peristiwa Isra Mi’raj

Peristiwa Isra Mi’raj adalah perjalanan agung yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dari Masjid Al-Haram di Makkah menuju Masjid Al-Aqsha di Palestina, kemudian naik ke langit ketujuh atau Sidratul Muntaha dan menghadap Allah SWT. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Rajab pada tahun ke-10 kenabian Nabi Muhammad SAW. Dalam peristiwa ini, Nabi Muhammad SAW mendapatkan banyak karunia dan mukjizat, salah satunya adalah turunnya syariat salat lima waktu.

  • Perang Tabuk

Perang Tabuk adalah perang terakhir pada masa Nabi Muhammad SAW. Perang ini terjadi pada bulan Rajab tahun 9 H sampai dengan bulan Ramadhan di tahun yang sama dengan melibatkan tentara Muslimin serta imperium Romawi. Latar belakang terjadinya perang Tabuk sendiri berawal dari konflik antara umat muslim dengan romawi yaitu terbunuhnya Al-Harits bin Umar, duta Rasulullah di tangan Syurahbil bin Amr al-Ghassani. Setelah terbunuhnya Al-Harits, Rasulullah mengirim pasukan di bawah pimpinan Zaid bin Haritsah untuk menyerang pasukan Romawi di Mut’ah. Setelah penyerangan di Mut’ah sejumlah kabilah Arab melepaskan diri dari kekaisaran Romawi dan bergabung dengan umat Islam, hal inilah yang membuat kekaisaran Romawi ingin berperang melawan umat Islam.

  • Hijrahnya Para Sahabat ke Habasyah

Hijrahnya para sahabat ke Habasyah adalah peristiwa ketika Nabi Muhammad SAW memerintahkan sebagian pengikutnya untuk berhijrah ke Habasyah (Ethiopia) untuk menyelamatkan diri dari kezaliman dan penindasan kaum musyrikin Makkah. Hijrah ini terjadi pada bulan Rajab tahun ke-5 kenabian Nabi Muhammad SAW. Hijrah ini juga dikenal sebagai hijrah pertama dalam sejarah Islam. Di Habasyah, para sahabat mendapatkan perlindungan dan kebebasan beragama dari raja yang adil dan bijaksana, yaitu raja Najasyi.

Kelahiran dan Wafatnya Tokoh Penting Islam

  • Kelahiran Ali bin Abi Thalib

Ali bin Abi Thalib adalah salah satu sahabat, sepupu, dan menantu Nabi Muhammad SAW. Beliau juga merupakan salah satu dari empat khalifah yang dikenal sebagai Khulafaur Rasyidin. Ali bin Abi Thalib lahir pada tanggal 13 Rajab sekitar 23 tahun sebelum hijrah atau 599 Masehi di Makkah. Beliau adalah salah satu orang yang pertama mengimani risalah Nabi Muhammad SAW dari kalangan anak-anak. Beliau juga dikenal sebagai salah satu ahli ilmu, keberanian, dan keadilan dalam sejarah Islam.

  • Wafatnya Imam Syafi’i

Imam Syafi’i adalah salah satu dari empat imam mazhab dalam fiqih Islam. Beliau adalah pendiri mazhab Syafi’i yang banyak diikuti oleh umat Islam di Indonesia. Imam Syafi’i wafat pada tanggal 29 Rajab tahun 204 Hijriyah atau 820 Masehi di Mesir. Beliau adalah salah satu ulama yang sangat berpengaruh dalam pengembangan ilmu hadis, ushul fiqih, dan tafsir Al-Qur’an. Beliau juga dikenal sebagai penyair yang mahir dan berakhlak mulia.

Itulah beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan Rajab. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang sejarah Islam. Amin.

Oleh: Badrut Tamam (PP. Assholihiyyah Semarang)

Badrut Tamam

Recent Posts

Teknologi Digital: Penyelamat atau Penjerat?

Teknologi digital sudah merambah pada setiap aspek kehidupan kita. Mulai dari cara kita berkomunikasi, bekerja,…

2 jam ago

Generasi Toleran: Revolusi Hati untuk masa depan yang Damai

Toleransi, sebuah kata yang sering kita dengar namun tak selalu kita pahami sepenuhnya. Di era…

2 hari ago

Menjaga Kecantikan dari Dalam: Akhlak sebagai Kunci Utama

Kecantikan sering kali diasosiasikan dengan penampilan fisik, seperti kulit bersih, tubuh ideal, atau wajah menarik.…

2 hari ago

Filosofi dan Singkatan Dari Huruf Santri

Menjelang Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2024 ini, kontribusi santri sudah merebak di berbagai hal.…

2 hari ago

Mahasiswa KKN 78 Iain Kudus Berpartisipasi dalam Kegiatan Peringatan Maulid Nabi di Masjid/Mushola Desa Wandankemiri pada saat Bulan Mulud

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi momen yang penuh berkah dan semangat kebersamaan di tengah…

3 hari ago

Mahasiswa KKN-MB 078 IAIN Kudus Gelar Kegiatan Jumat Berkah (Berbagi di Hari Jumat)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari program KKN-Moderasi Beragama (KKN-MB) 078 IAIN Kudus yang bertempat…

3 hari ago