free page hit counter

Belajar Filsafat Dalam Bentuk Novel Dunia Shopie

Identitas buku

Judul buku      : Dunia Shopie

Pengarang       : Joastin Gaarder

Tebal buku      : 800 halaman

Penerbit          : Mizan

Snopsis

Dalam buku ini, Penulis “Joastin Gaarder“ mengkisahkan tentang  perjalanan hidup seorang gadis Norwegia berusia 15 tahun bernama Shopie Amunsend. Dimana tiap-tiap harinya Shopie selalu mendapatkan surat-surat aneh dari seorang filosof misterius bernama Alberto.

 Adapun isi dari surat-surat yang Shopie temukan tiap harinya memuat tentang berbagai macam pertanyaan serta penjelasan sejarah yang  berbau Filsafat, di mulai dari sejarah Filsafat Yunani kuno hingga sejarah Filsafat di  abad ke 20. Sehingga dalam perjalanan belajar filsafat. Shopie telah di kenalkan oleh Alberto akan nama-nama filosof Yunani kuno hingga para filosof Eropa zaman dahulu. Dimulai dari Democritus, Socrates, Aristoteles hingga para kaum empiris Inggris dan kaum rasionalis Perancis. Seperti Jhon Locke dan David Hume. 

Tidak hanya itu pula. Yang menarik sekaligus mendidik dalam buku ini ialah, dalam cerita buku Dunia Sophie ini, penulis  juga menyelipi berbagai macam corak pemikiran-pemikiran para Filosof itu sendiri. Seperti paham Marxisme Karl Max hingga teori Evolusi Charles Darwin. Dan penjelasan Filsafat yang dibungkus oleh penulis dalam bentuk novel ini tentunya bertujuan untuk memudahkan pembaca yang baru memulai belajar filsafat.

Adapun  untuk kelanjutan dari kisah buku ini,pada fase akhir cerita, Shopie seakan terus digiring oleh Alberto kedalam ranah pemikiran para filosof zaman terdahulu. Mengapa demikian? Karena Alberto sadar bahwa kehidupan Shopie dan dirinya ini ternyata hanyalah imajinasi dari seorang mayor bernama Albert Knag. Oleh karena itu, Alberto pun berniat untuk keluar dari imajinasi sang mayor bersama Shopie dengan menyelesaikan pelajaran Filsafatnya hingga tuntas.   

Oleh: Ainun Niam, Santri Mansajul Ulum, Pati. 

Anda mungkin juga suka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *