free page hit counter

Hikmah Peristiwa Isra’ Mi’raj

santrimillenial.id – 27 Rajab merupakan peringatan Isra’ Mi’raj nabi Muhammad SAW  yang digelar oleh umat Islam. Isra’ mi’raj yakni peristiwa sangat momumental yang penting bagi umat Islam. Isra’ dan Mi’raj adalah dua kata yang memiliki arti yang berbeda. Kata “Isra'” menurut bahasa artinya perjalanan di malam. Sementara kata “Mi’raj” bermakna tangga untuk naik ke atas. Dengan begitu pengertian Isra’ yang dimaksud adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjid al-Aqsha di Palestina. Sementara pengertian kata Mi’raj adalah perjalanan menuju ke Sidrah al-Muntaha. Dalam perjalanannya, Nabi Muhammad mengendarai kendaraan superkilat hewan Buraq yang digambarkan sebagai kuda putih dengan sayap dan ekor seperti burung merak.  Saat peristiwa tersebut nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah untuk menjalankan shalat lima waktu dari Allah SWT. Allah berfirman dalam QS. Al-Isra’ ayat 1:


سُبۡحَٰنَ ٱلَّذِيٓ أَسۡرَىٰ بِعَبۡدِهِۦ لَيۡلٗا مِّنَ ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡحَرَامِ إِلَى ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡأَقۡصَا ٱلَّذِي بَٰرَكۡنَا حَوۡلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنۡ ءَايَٰتِنَآۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلۡبَصِيرُ

Artinya: “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Hikmah Isra’ Mi’raj

Setiap peristiwa yang dikehendaki Allah, pasti akan ada hikmah tersendiri. Seperti halnya peristiwa isra’ mi’raj yang mempunyai hikmah bagi kita semua, di antaranya:

  1. Perjalanan Isra Miraj menunjukkan pemuliaan dan pengagungan Nabi Muhammad Saw. para nabi dan rasul, serta umat Islam yang menerima risalah shalat lima waktu.
  2. Perjalanan Isra ke Masjid Al-Aqsha memberi pesan kepada Bani Israil, bahwa Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir yang juga memimpin mereka. Perjalanan Miraj ke langit juga menegaskan kedudukan beliau sebagai pembawa risalah terakhir yang akan meninggikan agama Allah dan memuliakannya.
  3. Peristiwa Isra dan Miraj menjadi bukti keagungan dan kekuasaan Allah SWT yang diperlihatkan secara langsung. Sebab, perjalanan Nabi Muhammad seolah tak masuk akal apabila dituntaskan hanya satu malam.
  4. Keistimewaan Masjidil Aqsha  salah satu tempat dalam peristiwa Isra’ yang sangat dimuliakan.
  5. kewajiban bagi umat islam menjalankan sholat 5 waktu

Sumber: CNN Indonesia

Oleh: Istianah, Santri PP. Khozinatul Ulum BLora

Anda mungkin juga suka.