free page hit counter

Haruskah Menutup Aurat?

Dewasa ini, semakin marak pakaian yang beraneka ragam. Ada yang terbuka dan tertutup. Bahkan semakin terbuka pakaian dianggap semakin trendi. Padahal menutup aurat merupakan ajaran dalam agama Islam yang diwajibkan untuk dilakukan oleh umat Muslim. Beberapa alasan mengapa menutup aurat diwajibkan antara lain

Menjaga Kehormatan dan Martabat Diri

Dengan menutup aurat, seseorang dapat menjaga kehormatan dan martabat dirinya sendiri dari pandangan orang lain yang tidak seharusnya melihatnya. Normalnya jika seseorang memakai pakaian yang menutup aurat, orang lain akan lebih segan pada orang tersebut.

Mencegah Godaan Seksual

Dengan menutup aurat, seseorang dapat mencegah godaan seksual dan upaya pelecehan dari orang lain. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, jika pakaian tertutup bisa membuat orang lain segan, maka tidak ada upaya pelecehan yang akan dilakukan.

Menjaga Ketertiban Sosial

Dengan menutup aurat, seseorang dapat membantu menjaga ketertiban sosial dan mengurangi potensi terjadinya konflik atau kejahatan yang berkaitan dengan pakaian yang tidak pantas. Bagi perempuan memakai pakaian tertutup bisa terlihat lebih anggun dan soft. Bagi laki laki juga demikian, aura positif bisa terpancar bagi mereka yang memakai pakaian lebih santun.

Mematuhi Ajaran Agama

Menutup aurat merupakan perintah agama dalam Islam, dan umat Muslim diwajibkan untuk mentaatinya sebagai bagian dari ibadah kepada Allah SWT. Dengan demikian, menutup aurat bukan hanya kewajiban agama, tetapi juga merupakan cara untuk menjaga diri sendiri dan masyarakat dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat pakaian yang tidak pantas.

Anda mungkin juga suka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *