free page hit counter

Berbenah Diri Menyambut Bulan Ramadhan

santrimillenial.id – Bulan suci Ramadhan tinggal hitungan hari lagi, di mana bulan yang penuh kemuliaan dan keberkahan, dilipatgandakan amal-amal kebaikan, dibuka pintu-pintu surga dan ditutup pintu-pintu neraka. Oleh karena itu, bulan ini merupakan kesempatan berharga yang ditunggu-tunggu oleh orang-orang yang beriman kepada Allah Ta’ala dan ingin meraih ridha-Nya.
Lantas, hal apa saja yang perlu diri kita persiapkan dalam menyambut bulan suci ini?

  • Bertaubat dan beribadah untuk Ramadhan yang baik

Untuk mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan, suatu tindakan yang masuk akal adalah memperbanyak taubat kita. Patut diingat bahwa kita bisa dan harus meminta pertolongan hanya pada Allah semata, memperbanyak doa agar saat bulan Ramadhan dapat mengubah kita menjadi lebih baik lagi, dapat konsisten melakukan kebiasaan-kebiasaan baik, lebih mudah melakukan ibadah sunnah dan perbuatan baik, dan menjadi refleksi diri sendiri daripada membiarkan bulan suci ini berlalu begitu saja

  • Meningkatkan kualitas ibadah

Pada bulan Ramadhan yang padat, sering kali kita melakukan hal-hal sunnah (seperti sholat tarawih atau membaca Al-Qur’an) namun kita lupa bahwa kita harus meningkatkan niat kita dalam menjalankan kewajiban kita untuk ibadah. Untuk mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan, mulai belajar tepat waktu saat Subuh dan memastikan kita tidak menunda ibadah,dan membaca Al-Quran.

  • Berhati-hati dalam bersikap dan menahan diri dari hal negatif

Sesuatu yang terkadang kita anggap remeh, seperti bergosip, menonton atau mendengarkan sesuatu yang tidak baik bagi hati dan pikiran kita, atau melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat. Cukup sulit menghilangkan kebiasaan ini, diharapkan datangnya bulan suci Ramadhan akan secara otomatis dapat sadar dan menahan diri dari semua hal itu.

  • Tetapkan niat dan renungkan arti Ramadhan

Semua ibadah memerlukan fokus dan niat, begitu pula dengan Ramadhan. Ini adalah momen tepat untuk memiliki tujuan yang ingin anda capai selama Ramadhan.

Pikirkan secera spesifik yang ingin anda capai serta apa yang anda rencanakan untuk mencapainya. Hal yang juga penting adalah luangkan waktu merenungkan akan pentingnya bulan suci Ramadhan.

Oleh: Istianah, Santri PP. Khozinatul Ulu Blora



Anda mungkin juga suka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *