Narasi

Mendalami Makna Sabar

Semua orang pasti selalu bergelut dengan masalahnya masing-masing. Tapi, tidak semua orang mampu bersabar untuk menghadapi hal tersebut. Orang-orang yang mampu bersabar dalam setiap mengahadapi masalah, merekalah yang akan mendapatkan derajat mulia di sisi-Nya.

Tapi, perlu untuk kita ketahui bahwa sabar itu tidak melulu hanya ketika kita tertimpa musibah saja. Menurut Syekh Ibnu Abid Dunya (208-281 H) dalam karyanya as-Shabru wa Tsawâb ‘alaihi, ada tiga tingkat kesabaran.

  1. Sabar atas musibah.

Tingkatan sabar yang pertama ini merupakan tingkatan sabar yang paling rendah. Tapi, meskipun tingkatannya paling rendah, tidak sedikit dari kita waktu tertimpa musibah sering kali untuk mengeluh. Padahal setiap musibah yang kita terima merupakan sebuah ujian untuk meningkatkan derajat kita ke tingkat yang lebih tinggi dari sebelumnya.

  1. Sabar dalam menjalani ketaatan.

Tingkatan sabar yang kedua ini terlihat biasa saja bagi kita yang sering menjalani ketaatan. Tapi, hal ini begitu sangat berat bagi orang yang seringkali mengabaikannya. Semisal contoh ada seseorang yang tidak pernah melaksanakan puasa sunnah, ia pasti akan sangat keberatan ketika dipaksakan untuk melaksanakan puasa sunnah. Tapi, berbeda halnya bagi orang yang seringkali melaksanakan puasa sunnah. Tanpa diminta orang lain untuk puasa sunnah pun dengan sendirinya ia akan melakukan puasa sunnah.

  1. Sabar atau menahan diri dari laku kemaksiatan.

Sabar yang terakhir adalah sabar dengan tingkatan tertinggi. Karena siapapun orangnya, baik yang kecil atau dewasa, yang pandai atau bodoh. Ketika dihadapkan dengan sebuah kemaksiatan pasti begitu berat untuk menahannya. Kita bisa mengatakan kalau mampu menahan diri dari sebuah kemaksiatan memang kita tidak diberikan kesempatan untuk melaksanakannya. Tapi, ketika ada kesempatan untuk melaksanakan maksiat itulah baru kesabaran kita diuji. Tinggal mampu atau tidak kita menahan diri.

Perlu untuk kita ketahui bahwa suatu hal yang bisa mencegah diri kita dari perbuatan maksiat adalah ilmu yang telah tertanam dalam diri kita. Semakin banyak ilmu yang tertanam dalam diri kita bahwa maksiat itu tidak boleh, maka akan semakin enggan untuk kita melakukan maksiat.

Sabar sendiri merupakan salah satu Asmaul Husna yang menduduki urutan paling akhir. Adapun mengenai penetapan sifat sabar berada di urutan paling akhir sebenarnya juga memiliki tujuan tersendiri. Di antara makna yang dapat kita ambil adalah ketika kita ingin berhasil menjalankan sifat sebelumnya kuncinya adalah sabar.

Semua sifat-sifat di dalam Asmaul Husna bila kita jalankan sesuai urutan pasti butuh kesabaran. Semisal sifat kasih sayang, ketika kita ingin mempraktekkan sifat kasih sayang terhadap seluruh makhluk selama berhari-hari kita hidup, pasti dalam menjalaninya kita perlu sebuah kesabaran.

Begitu pun dengan nama-nama yang terkandung di dalam Asmaul Husna jika ingin kita aplikasikan. Maka dari itu, meskipun sabar berada di urutan paling akhir, tapi kemanfaatan dari sabar bisa kita praktekkan mulai dari sifat pertama sampai ke 98. Karena memang pengaplikasian sifat sabar itu tidak hanya meliputi waktu tertimpa musibah, tetapi ada kalanya waktu dalam ketaatan atau kemaksiatan.

Oleh: Muhammad Sholihul Huda, PP Mansajul Ulum, Pati.

Muhammad Sholihul Huda

Recent Posts

Teknologi Digital: Penyelamat atau Penjerat?

Teknologi digital sudah merambah pada setiap aspek kehidupan kita. Mulai dari cara kita berkomunikasi, bekerja,…

4 jam ago

Generasi Toleran: Revolusi Hati untuk masa depan yang Damai

Toleransi, sebuah kata yang sering kita dengar namun tak selalu kita pahami sepenuhnya. Di era…

2 hari ago

Menjaga Kecantikan dari Dalam: Akhlak sebagai Kunci Utama

Kecantikan sering kali diasosiasikan dengan penampilan fisik, seperti kulit bersih, tubuh ideal, atau wajah menarik.…

2 hari ago

Filosofi dan Singkatan Dari Huruf Santri

Menjelang Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2024 ini, kontribusi santri sudah merebak di berbagai hal.…

2 hari ago

Mahasiswa KKN 78 Iain Kudus Berpartisipasi dalam Kegiatan Peringatan Maulid Nabi di Masjid/Mushola Desa Wandankemiri pada saat Bulan Mulud

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi momen yang penuh berkah dan semangat kebersamaan di tengah…

3 hari ago

Mahasiswa KKN-MB 078 IAIN Kudus Gelar Kegiatan Jumat Berkah (Berbagi di Hari Jumat)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari program KKN-Moderasi Beragama (KKN-MB) 078 IAIN Kudus yang bertempat…

3 hari ago