Narasi

Al-Ghazali: 3 Tingkatan Puasa

santrimillenial.id – Penetapan 1 Ramadhan 1445 H telah dilakukan oleh pemerintah, bahwa awal bulan Ramadhan 1445 H jatuh pada hari Selas, 12 Maret 2024. Sehingga umat muslim di Indonesia diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa pada bulan tersebut.

Kewajiban puasa sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 138 yang berbunyi

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Ayat di atas secara shorih (jelas) menjelaskan tentang kewajiban puasa bagi umat Islam. Kewajiban ini bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Karena pada bulan Ramadhan, selain melakukan puasa, terdapat banyak tradisi yang mendukung seorang muslim menjadi lebih bertaqwa dari pada bulan-bulan sebelumnya. Seperti tradisi melakukan sholat sunnah tarawih, tadarus Al-Qur’an, dan kajian-kajian Ramadhan.

Dengas demikian, puasa merupakan momentum untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Berkaitan dengan peningkatan taqwa, Imam Ghazali menjelaskan bahwa puasa mempunyai 3 tingkatan. Sebagaimana dijelaskan dalam kitab Ihya’ Ulumuddin

اِعْلَمْ أَنَّ الصَّوْمَ ثَلاَثُ دَرَجَاتٍ صَوْمُ الْعُمُوْمِ وَصَوْمُ الْخُصُوْصِ وَصَوْمُ خُصُوْصِ الْخُصُوْصِ

Artinya: “Ketahuilah! Bahwa puasa mempunyai 3 tingkatan, yaitu shoumul umum, shoumul khusus, dan shoumul khususul khusus.

Penjelasan Imam Al-Ghazali di atas menekankan bahwa terdapat 3 tingkatan puasa. Pembedaan ini berdasarkan kualitas puasa yang dilakukan seseorang.

  • Shoumul Umum

Tingkatan puasa pertama, shoumul umum, yaitu puasa yang dilakukan seseoran sebatas menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan puasa. Adapun hal-hal yang dapat membatalkan puasa, sebagaimana oleh Syaikh Ibnu Qasim Al-Ghazi dalam kitab Fathul Qorib, di antaranya adalah masuknya sesuatu ke dalam perut, muntah-muntah dengan disengaja, bersetubuh di siang hari bulan Ramadhan, dan  inzal (keluarnya mani).

  • Shoumul Khusus

Kedua, shoumul khusus yaitu puasa yang dilakukan seseorang tidak hanya menahan diri dari seluruh perkara yang membatalkan puasa, melainkan menjaga telinga, penglihatan, lisan, tangan, kaki, serta seluruh bagian tubuh dari melakukan dosa.

  • Shoumul Khususul Khusus

Ketiga, shoumul khususul khusus. Tingkatan ini merupakan tingkatan tertinggi, karena pada tingkat ini, puasa tidak hanya dilakukan pada aspek dhohir, melainkan seseorang harus melakukan puasa pada aspek bathin, yaitu selalu menjaga hati dari hal-hal selain Allah SWT. Sehingga tingkatan ini disebut sebagai “puasa hati”.

Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa menurut Imam Al-Ghazali puasa dibagi menjadi 3 tingkatan, yaitu shoumul umum, shoumul khusus, dan shoumul khususul khusus. Wallahu a’lam.

Muhammad Ulil Albab

Recent Posts

Generasi Toleran: Revolusi Hati untuk masa depan yang Damai

Toleransi, sebuah kata yang sering kita dengar namun tak selalu kita pahami sepenuhnya. Di era…

2 hari ago

Menjaga Kecantikan dari Dalam: Akhlak sebagai Kunci Utama

Kecantikan sering kali diasosiasikan dengan penampilan fisik, seperti kulit bersih, tubuh ideal, atau wajah menarik.…

2 hari ago

Filosofi dan Singkatan Dari Huruf Santri

Menjelang Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2024 ini, kontribusi santri sudah merebak di berbagai hal.…

2 hari ago

Mahasiswa KKN 78 Iain Kudus Berpartisipasi dalam Kegiatan Peringatan Maulid Nabi di Masjid/Mushola Desa Wandankemiri pada saat Bulan Mulud

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi momen yang penuh berkah dan semangat kebersamaan di tengah…

2 hari ago

Mahasiswa KKN-MB 078 IAIN Kudus Gelar Kegiatan Jumat Berkah (Berbagi di Hari Jumat)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari program KKN-Moderasi Beragama (KKN-MB) 078 IAIN Kudus yang bertempat…

3 hari ago

Mahasiswa KKN 78 Iain Kudus Ikut Berpartisipasi dalam Kegiatan Posyandu Lansia di Desa Wandankemiri

Pada tanggal 9 Oktober 2024, mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari IAIN Kudus yang tergabung…

3 hari ago