free page hit counter

Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

santrimillenial.id – Saat ini, seluruh umat Islam sedang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Bulan ini merupakan bulan yang sangat mulia. Karena pada bulan tersebut terdapat beberapa keistimewaan yang terjadi di dalamnya. Di antaranya adalah diturunkannya Al-Qur’an, sebagaimana dijelaskan dalam Surat Al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

Artinya: Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil)”

Berdasarkan ayat tersebut, maka pantas apabila bulan Ramadhan Syahrul Qur’an. Karena Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan. Di sisi lain, dijelaskan dalam sebuah hadits shohih yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ، وَكَانَ أَجْوَدَ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ، وَكَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ فَلَرَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ.

Artinya: “Rosululloh adalah orang yang paling mulia, terlebih pada bulan Ramadhan saat beliau diajak malaikat  Jibril setiap malam pada bulan Ramadhan untuk mudarosah Al-Qur’an.

Hadits di atas menjelaskan bahwa, setiap malam bulan Ramadhan nabi selalu mudarosah Al-Qur’an kepada malaikat Jibril. Oleh karena itu, pada bulan Ramadhan banyak umat Islam yang meningkatkan kuantitas membaca Al-Qur’an.

Lantas apa saja keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan?

  • Menjadi Penolong di Hari Kiamat

Diriwayatkan dari Abu Umamah Al Bahili bahwa nabi bersabda

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

Artinya: “Bacalah Al-Qur’an! Karena Al-Qur’an akan menjadi syafaat kelak di hari kiamat bagi pembacanya.”

Hadits tersebut menekankan bahwa, kelak di hari kiamat, Al-Qur’an akan memberikan pertolongan kepada orang-orang yang membacanya.

  • Meningkatkan Derajat

Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Umar, bahwa seseorang akan mendapatkan derajat yang tinggi di sisi Allah, apabila ia membaca dan mengamalkan isi Al-Qur’an.

إِنَّ اللَّهَ يَرْفَعُ بِهَذَا الْكِتَابِ أَقْوَامًا وَيَضَعُ بِهِ آخَرِينَ

Artinya: “Sesungguhnya Allah akan mengangkat sebuah kaum lantaran mereka membaca dan mengamalkan kitab ini (Al-Qur’an) dan Allah akan merendahkan sebuah kaum dengan kitab ini (Al-Qur’an) lantaran mereka tidak mengamalkan apa yang dikandungnya.”

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa bulan Ramadhan merupakan momentum bagi kita untuk meningkatkan kuantitas bacaan Al-Qur’an. Karena pada bulan tersebut, nabi selalu melakukan mudarosah Al-Qur’an kepada malaikat Jibril. Di sisi lain, terdapat beberapa keutamaan membaca Al-Qur’an seperti Al-Qur’an akan menjadi penolong di akhirat dan meningkatkan derajat pembacanya di sisi Allah.

Anda mungkin juga suka.