free page hit counter

Nikmat Bulan Ramadhan

Bulan suci Ramadhan begitu banyak mengandung keberkahan dan kenikmatan. Setiap amal yang kita kerjakan di bulan ramadhan akan mendapat pahala berlipat ganda. Mulai saat kita bangun untuk sahur, hingga malam akan tidur, ada banyak amal kebaikan yang bisa kita kerjakan dan nantinya akan menjadi penolong untuk kita di hari pertimbangan.

Melaksanakan sholat subuh berjamaah yang dilanjutkan dengan wiridan hingga waktu isyraq kemudian dilanjutkan sholat sunnah dua rokaat akan mendapat pahala layaknya orang yang sedang menunaikan ibadah haji dan umroh. Sebagaimana hadits dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu, Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang melaksanakan sholat subuh secara berjamaah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan sholat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umrah.” Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR. Tirmidzi)

Amalan ini sangat mungkin dilaksanakan saat bulan suci ramadhan, khususnya bagi para santri. Betapa nikmatnya bulan suci ramadhan dimana banyak sekali amalan-amalan yang bisa kita laksanakan setiap hari dan pahalanya begitu luar biasa.

Untuk 10 hari pertama bulan Ramadhan merupakan Rahmah, pertengahannya adalah pengampunan (Maghfiroh)  dan akhirnya yakni pembebasan dari api neraka (Itqun Minan Nar). Sudah seharusnya kita bersa-sama tingkatkan ibadah kepada Allah SWT dan lebih semangat berbuat amal baik di Bulan Ramadhan.

Lirik Qosidah Ramadhan Tajalla mengajak umat Islam untuk memanfaatkan waktu ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Bulan suci ramadhan telah datang dan tersenyum

Beruntunglah bagi mereka yang memanfaatkan bulan suci ramadhan dengan memperbanyak ibadah

Beruntunglah mereka yang ketika masuk bulan ramadhan mengambil semua kebaikan yang ada di dalam bulan suci ramadhan.

Merugilah mereka yang ketika masuk bulan suci ramadhan tetap bermalas-malasan dan tidak bisa mendapatkan nilai-nilai yang terkandung di dalam bulan suci ramadhan.

Oleh : Nurul Wahidatul Hamidah

Sumber gambar : https://www.prokhatulistiwa.com/

Anda mungkin juga suka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *