Narasi

Festival Balon Udara Di Wonosobo Kembali Menjadi Sorotan Dunia

santrimillenial.id – Festival Balon Udara di Kabupaten Wonosobo yang dikemas dalam Festival Mudik 2024 kembali menjadi sorotan dunia. Hal tersebut diketahui ketika salah satu kantor berita terbesar di dunia yakni China Xinhua News yang berbasis di China, turut mengunggah festival Balon Udara di Wonosobo melalui akun Instagram resminya chinaxinhuanews. Melalui akun Instagramnya, China Xinhua News mengunggah foto festival Balon Udara yang tengah digelar di Desa Kembaran, Kecamatan Kalikajar. Pada tanggal 11 April 2024 lalu.

“Masyarakat bersiap-siap melepaskan balon udara panas selama liburan idul fitri.

di#Wonosobo, Jawa Tengah #indonesia, 11 April 2024,” tulis caption akun instagram China Xinhua News.

Seperti diketahui, sejak tanggal 11 April 2024 Festival Balon Udara digelar di 14 lokasi berbeda di Wonosobo. Event rutin setelah hari raya Idul Fitri ini juga menjadi daya tarik bagi masyarakat maupun wisatawan. Hal ini membuat balon udara asal Wonosobo mulai mendunia. Rangakain Festival Mudik 2024 sendiri telah dimulai sejak tanggal 11 hingga 21 April 2024. Dengan puncak acara akan digelar di Alun-alun kota Wonosobo.

Festival Balon Udara Wonosobo menjadi salah satu acara yang sangat dinanti-nantikan.
Sebagai sebuah tradisi yang sudah ada sejak lama di Wonosobo, Festival Balon Udara menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Acara tersebut merupakan sebuah pertunjukan balon udara dengan berbagai motif dan warna yang diterbangkan secara serempak.

Penerbangan balon udara tersebut tentunya sesuai dengan standar keamanan dan keselamatan yang sudah ditetapkan. Standar keamanan dan keselamatan tersebut meliputi salah satunya adalah memasangkan tali penambat pada balon udara. Tidak hanya itu, balon udara juga tidak boleh dilengkapi dengan sumbu api maupun bahan peledak seperti petasan. Hal tersebut harus dilakukan untuk menjaga keamanan lingkungan dan agar Festival Balon Udara tetap lestari di Wonosobo.

Setiap Festival Balon Udara, selalu diikuti oleh peserta penerbangan balon dari berbagai daerah di Wonosobo. Peserta penerbangan balon udara tersebut tentunya mengalami suka duka dalam setiap festival yang diikuti. Seperti yang disampaikan oleh salah seorang peserta komunitas balon udara kepada Wonosobozone.com.

Al Maruf

Recent Posts

Teknologi Digital: Penyelamat atau Penjerat?

Teknologi digital sudah merambah pada setiap aspek kehidupan kita. Mulai dari cara kita berkomunikasi, bekerja,…

2 jam ago

Generasi Toleran: Revolusi Hati untuk masa depan yang Damai

Toleransi, sebuah kata yang sering kita dengar namun tak selalu kita pahami sepenuhnya. Di era…

2 hari ago

Menjaga Kecantikan dari Dalam: Akhlak sebagai Kunci Utama

Kecantikan sering kali diasosiasikan dengan penampilan fisik, seperti kulit bersih, tubuh ideal, atau wajah menarik.…

2 hari ago

Filosofi dan Singkatan Dari Huruf Santri

Menjelang Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2024 ini, kontribusi santri sudah merebak di berbagai hal.…

2 hari ago

Mahasiswa KKN 78 Iain Kudus Berpartisipasi dalam Kegiatan Peringatan Maulid Nabi di Masjid/Mushola Desa Wandankemiri pada saat Bulan Mulud

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi momen yang penuh berkah dan semangat kebersamaan di tengah…

3 hari ago

Mahasiswa KKN-MB 078 IAIN Kudus Gelar Kegiatan Jumat Berkah (Berbagi di Hari Jumat)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari program KKN-Moderasi Beragama (KKN-MB) 078 IAIN Kudus yang bertempat…

3 hari ago