Narasi

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

santrimillenial.id – Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Daun sirih juga dikenal sebagai daun yang sering dikunyah oleh orang-orang tua yang diyakini bahwa selama ini memiliki manfaat untuk kesehatan gigi.  Tapi tak hanya itu saja, ternyata daun sirih mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kita, berikut beberapa manfaat daun sirih :

1. Membersihkan organ intim wanita

Manfaat daun sirih untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan mungkin sering kamu dengar. Bahkan, daun sirih banyak digunakan dalam produk pembersih kewanitaan. Menurut penelitian, sifat antiseptik dan antijamur yang dimiliki daun sirih bisa membasmi bakteri dan jamur penyebab keputihan. Daun sirih juga diketahui efektif mampu membasmi Candida albicans atau jamur yang menyebabkan infeksi jamur vagina. Nah, untuk mendapatkan manfaat ini, kamu hanya perlu membasuh area kewanitaan dengan air rebusan daun sirih.

2. Mengurangi rasa gatal

Alergi, gigitan nyamuk, maupun infeksi jamur seperti panu dan kutu air, bisa menyebabkan gatal. Daun sirih bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rasa gatal tersebut, sebab mengandung minyak atsiri yang bersifat antibakteri, antijamur, dan antiradang.

3. Menghilangkan bau mulut

Manfaat daun sirih untuk mengurangi bau mulut juga sudah lama dikenal oleh masyarakat. Semua ini berkat sifat antiseptik pada daun sirih yang mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Maka tak heran kan, jika banyak orang tua yang suka mengunyah daun sirih.

4. Mengobati batuk

Air rebusan daun sirih telah lama digunakan sebagai obat batuk alami, karena memiliki efek antibakteri dan antioksidan di dalam daun sirih yang dapat mengatasi peradangan penyebab batuk. Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih, tenggorokan akan lebih lega dan batuk pun berkurang.

5. Menghentikan mimisan

Tak sedikit masyarakat yang percaya bahwa menggulung dan menyumbatkan daun sirih ke lubang hidung dapat menghentikan mimisan. Hal ini benar efektif, kok. Ini karena daun sirih mengandung tanin, yaitu antioksidan yang berpotensi mempercepat respons tubuh terhadap pembekuan darah.

Selain itu, antioksidan ini juga bisa menyembuhkan pembuluh darah dalam hidung yang terluka sehingga  mimisan pun berhenti.

6. Menurunkan kadar gula darah

Penelitian mengungkapkan bahwa minum air rebusan daun sirih dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Manfaat daun sirih ini bisa kamu peroleh berkat senyawa tanin, flavonoid, dan alkaloid yang membantu regenerasi sel pankreas dalam menghasilkan insulin, sehingga kadar gula darah lebih terkontrol.

Namun, perlu diingat, konsumsi air rebusan daun sirih hanya digunakan sebagai pengobatan pendamping diabetes, ya, bukan sebagai pengobatan utama.

7. Mengobati mata merah

Manfaat daun sirih yang terakhir adalah mengobati mata merah akibat konjungtivitis. Manfaat ini diperoleh dari kandungan fenol dan turunannya, seperti tanin, flavonoid, dan saponin, yang bersifat antibakteri.

sumber: ALODOKTER HIDUP SEHAT

oleh: Istianah

Istianah

Recent Posts

Teknologi Digital: Penyelamat atau Penjerat?

Teknologi digital sudah merambah pada setiap aspek kehidupan kita. Mulai dari cara kita berkomunikasi, bekerja,…

2 jam ago

Generasi Toleran: Revolusi Hati untuk masa depan yang Damai

Toleransi, sebuah kata yang sering kita dengar namun tak selalu kita pahami sepenuhnya. Di era…

2 hari ago

Menjaga Kecantikan dari Dalam: Akhlak sebagai Kunci Utama

Kecantikan sering kali diasosiasikan dengan penampilan fisik, seperti kulit bersih, tubuh ideal, atau wajah menarik.…

2 hari ago

Filosofi dan Singkatan Dari Huruf Santri

Menjelang Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2024 ini, kontribusi santri sudah merebak di berbagai hal.…

2 hari ago

Mahasiswa KKN 78 Iain Kudus Berpartisipasi dalam Kegiatan Peringatan Maulid Nabi di Masjid/Mushola Desa Wandankemiri pada saat Bulan Mulud

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi momen yang penuh berkah dan semangat kebersamaan di tengah…

3 hari ago

Mahasiswa KKN-MB 078 IAIN Kudus Gelar Kegiatan Jumat Berkah (Berbagi di Hari Jumat)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari program KKN-Moderasi Beragama (KKN-MB) 078 IAIN Kudus yang bertempat…

3 hari ago