Narasi

Memaafkan Orang Lain

Manusia adalah makhluk Allah yang paling sempurna. Manusia memiliki akal sekaligus nafsu yang melengkapi dirinya. Berbeda dengan hewan yang hanya memiliki nafsu tanpa memiliki akal. Tapi, tak ada manusia yang sempurna. Dengan adanya akal dan nafsu yang dimiliki, sangat berpotensi untuk melakukan kesalahan. Seperti ungkapan yang sudah sangat masyhur “Al-Insanu Mahalul Khoto wan Nisyan“. Manusia itu tempatnya salah dan lupa.

Adalah hal yang wajar seorang manusia melakukan kesalahan. Sebagai pertanda bahwa manusia adalah seorang makhluk. Lalu selanjutnya adalah bagaimana menyikapi jika manusia lain melakukan kesalahan kepada kita. Memaafkan orang lain adalah salah satu cara terbaik untuk menyikapinya. Seperti kata Sherina dalam lagunya “Hanya yang berjiwa satria yang mau memaafkan”.

Memaafkan adalah salah satu tindakan paling kuat yang dapat kita lakukan untuk diri sendiri dan hubungan kita dengan orang lain. Memaafkan bukan hanya tentang memberi kebebasan kepada orang lain, tetapi juga tentang membebaskan diri kita dari beban emosional yang menghambat kebahagiaan dan kedamaian batin. Melalui proses memaafkan, kita tidak hanya memperbaiki hubungan sosial dan meningkatkan kesehatan mental, tetapi juga tumbuh sebagai individu yang lebih bijaksana dan empatik.

Dengan mengakui rasa sakit, memahami perspektif orang lain, melepaskan dendam, dan berfokus pada masa depan, kita dapat menjalani hidup dengan lebih positif dan penuh kasih sayang. Mulailah perjalanan memaafkan dengan langkah kecil hari ini. Berikan diri Anda izin untuk melepaskan beban masa lalu dan ciptakan ruang bagi kedamaian dan kebahagiaan. Ingatlah, memaafkan adalah hadiah terbesar yang bisa kita berikan pada diri sendiri.

Hanifah Indra Suryani

Recent Posts

Teknologi Digital: Penyelamat atau Penjerat?

Teknologi digital sudah merambah pada setiap aspek kehidupan kita. Mulai dari cara kita berkomunikasi, bekerja,…

4 jam ago

Generasi Toleran: Revolusi Hati untuk masa depan yang Damai

Toleransi, sebuah kata yang sering kita dengar namun tak selalu kita pahami sepenuhnya. Di era…

2 hari ago

Menjaga Kecantikan dari Dalam: Akhlak sebagai Kunci Utama

Kecantikan sering kali diasosiasikan dengan penampilan fisik, seperti kulit bersih, tubuh ideal, atau wajah menarik.…

2 hari ago

Filosofi dan Singkatan Dari Huruf Santri

Menjelang Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2024 ini, kontribusi santri sudah merebak di berbagai hal.…

2 hari ago

Mahasiswa KKN 78 Iain Kudus Berpartisipasi dalam Kegiatan Peringatan Maulid Nabi di Masjid/Mushola Desa Wandankemiri pada saat Bulan Mulud

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi momen yang penuh berkah dan semangat kebersamaan di tengah…

3 hari ago

Mahasiswa KKN-MB 078 IAIN Kudus Gelar Kegiatan Jumat Berkah (Berbagi di Hari Jumat)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari program KKN-Moderasi Beragama (KKN-MB) 078 IAIN Kudus yang bertempat…

3 hari ago