Narasi

Meneguhkan Islam Nusantara

Indonesia memilih sebagai Negara Demokrasi. Meskipun tidak menjadi Negara Islam, Indonesia menerapkan nilai-nilai syariat sekaligus kebangsaan yang modern. Hal itu berdasarkan pada praktik Nabi Muhammad yang menanamkan moralitas dalam tatanan masyarakat lalu melegalkannya sebagai hukum Islam.

Peran keislaman dalam kenegaraan dan politik di Indonesia menjadi bentuk kesadaran terhadap keanekaragaman bangsa. Berbagai pihak yang ikut serta dalam memerdekakan Indonesia mampu membaca situasi sosial dan kemasyarakatan terhadap kemajuan Nusantara.

Negara yang masyarakatnya berbeda dari suku, bangsa, bahasa dan agama. Bagaimana pengaplikasian negara di Indonesia menggunakan Negara Islam, hanya akan menciderai indahnya kebhinekaan.

Melihat secara garis besar, hubungan antara Negara Indonesia dan Islam memang memicu terjadinya benturan terhadap Muslim yang sangat timur dan barat. Mereka memperjuangkan negara yang harus sesuai agamanya. Sebagian lainnya kokoh dengan pemisahan antara negara dan agama (sekularisme-meskipun istilah tersebut akan berbeda makna saat masuk di Indonesia).

Negara Ketuhanan

Keteguhan mendirikan Negara Indonesia yang khas dengan Islam Nusantara, punya kekuatan tersendiri. Kekuatan itu sangat kokoh dengan dasar negara ‘Pancasila’. Di dalamnya mengandung nilai ketuhanan yang ada pada sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Tanpa menggaungkan, Indonesia menanamkan negara yang berketuhanan dan tidak terjebak pada negara agama.

Prinsip ketuhanan yang termuat pada Pancasila juga merupakan alasan konstitusional terhadap peran agama di ranah politik menuju arah yang lebih maju.

Keunikan tersebut memang perlu adanya pemahaman terhadap khasanah politik dalam Islam. Baik secara pergerakan, historis hingga modern. Jika menilik sejarah, Nabi Muhammad pernah mengimplementasikan pada masa hijrah di Yatsrib sebagai “Negara Madinah”.

Prinsip tersebut bersifat moralitas sekaligus politis dalam membentuk masyarakat. Sebagai acuan, dapat kita cerna bagaimana Muslim yang berada di Indonesia memperjuangkan poin-poin Islam dengan membangun negara-bangsa.

Pergulatan yang terjadi terhadap dunia politik dalam Islam, mampu membawa pada pemahaman pembentukan pikiran. Ya, memang memerlukan waktu lama karena proses yang panjang.

Ideologi dan berbagai inisiasi pemikir Muslim menjadi respon kemodernan yang berusaha menyempurnakan berbagai kelemahan menuju kesempurnaan.

Sumber Gambar: jurnalislam.com

Ayu Sugiarti

Recent Posts

Teknologi Digital: Penyelamat atau Penjerat?

Teknologi digital sudah merambah pada setiap aspek kehidupan kita. Mulai dari cara kita berkomunikasi, bekerja,…

40 menit ago

Generasi Toleran: Revolusi Hati untuk masa depan yang Damai

Toleransi, sebuah kata yang sering kita dengar namun tak selalu kita pahami sepenuhnya. Di era…

2 hari ago

Menjaga Kecantikan dari Dalam: Akhlak sebagai Kunci Utama

Kecantikan sering kali diasosiasikan dengan penampilan fisik, seperti kulit bersih, tubuh ideal, atau wajah menarik.…

2 hari ago

Filosofi dan Singkatan Dari Huruf Santri

Menjelang Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2024 ini, kontribusi santri sudah merebak di berbagai hal.…

2 hari ago

Mahasiswa KKN 78 Iain Kudus Berpartisipasi dalam Kegiatan Peringatan Maulid Nabi di Masjid/Mushola Desa Wandankemiri pada saat Bulan Mulud

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi momen yang penuh berkah dan semangat kebersamaan di tengah…

3 hari ago

Mahasiswa KKN-MB 078 IAIN Kudus Gelar Kegiatan Jumat Berkah (Berbagi di Hari Jumat)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari program KKN-Moderasi Beragama (KKN-MB) 078 IAIN Kudus yang bertempat…

3 hari ago