Categories: Narasi

The Power of Privilege

Privilege adalah sebuah hak istimewa yang dimiliki seseorang bisa sebab pangkat, keturunan, relasi dan prestasi. Saat ini, privilege atau keistimewaan sangat menentukan akses individu terhadap peluang, sumber daya, bahkan kekuasaan.

Privilege berdasarkan ras maupun keturunan seringkali menentukan bagaimana individu diperlakukan di masyarakat. Jika individu berasal dari ras yang mayoritas atau dominan sering memiliki akses yang mudah untuk peluang ekonomi dan sosial yang baik. Terlebih jika individu merupakan golongan dari keluarga terpandang, maka masyarakat akan sangat menghormati dan memudahkan akses untuk urusan sosialnya.

Privilege ekonomi memberikan keuntungan bagi individu yang berasal dari latar belakang keuangan yang kuat. Hal ini dapat mempengaruhi akses ke pendidikan berkualitas, jaringan profesional, dan peluang karier.

Dalam dunia kerja, privilege dapat memengaruhi siapa yang dipekerjakan, siapa yang dipromosikan, dan bagaimana kinerja dievaluasi. Jaringan sosial dan profesional yang didasarkan pada privilege dapat memengaruhi jalur karier seseorang.

Dalam dunia pendidikan, akses untuk sekolah maupun melanjutkan ke universitas berkualitas tinggi sering kali ditentukan oleh status ekonomi dan lokasi. Hal ini memengaruhi prospek masa depan dan mobilitas sosial individu.

Dalam kesehatan pun privilege ekonomi dan geografis dapat mempengaruhi akses ke layanan kesehatan. Seringkali individu yang memiliki latar ekonomi yang kuat mendapatkan layanan kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan yang berlatar ekonomi standar. Hal ini sangat berdampak pada kesejahteraan dan harapan hidup.

Dalam kehidupan sosial, privilege juga dapat menentukan siapa yang memiliki pengaruh dan suara lebih dalam diskusi sosial dan politik. Hal ini dapat mempengaruhi kebijakan publik dan persepsi masyarakat terhadap isu-isu tertentu.

Ada beberapa usaha dalam mengurangi dampak privilege seperti kebijakan afirmatif, akses pendidikan yang lebih adil, dan redistribusi sumber daya. Selalu mendukung komunitas yang kurang beruntung melalui pelatihan, akses modal, dan dukungan jaringan. Masih banyak lagi yang bisa kita lakukan untuk menciptakan kesetaraan dalam hidup sosial. Jika kita yang memiliki privilege tersebut mari kita gunakan untuk mendukung dan menyelaraskan keadilan guna membangun dunia yang lebih sejahtera

Hanifah Indra Suryani

Recent Posts

Teknologi Digital: Penyelamat atau Penjerat?

Teknologi digital sudah merambah pada setiap aspek kehidupan kita. Mulai dari cara kita berkomunikasi, bekerja,…

6 jam ago

Generasi Toleran: Revolusi Hati untuk masa depan yang Damai

Toleransi, sebuah kata yang sering kita dengar namun tak selalu kita pahami sepenuhnya. Di era…

2 hari ago

Menjaga Kecantikan dari Dalam: Akhlak sebagai Kunci Utama

Kecantikan sering kali diasosiasikan dengan penampilan fisik, seperti kulit bersih, tubuh ideal, atau wajah menarik.…

2 hari ago

Filosofi dan Singkatan Dari Huruf Santri

Menjelang Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2024 ini, kontribusi santri sudah merebak di berbagai hal.…

2 hari ago

Mahasiswa KKN 78 Iain Kudus Berpartisipasi dalam Kegiatan Peringatan Maulid Nabi di Masjid/Mushola Desa Wandankemiri pada saat Bulan Mulud

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi momen yang penuh berkah dan semangat kebersamaan di tengah…

3 hari ago

Mahasiswa KKN-MB 078 IAIN Kudus Gelar Kegiatan Jumat Berkah (Berbagi di Hari Jumat)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari program KKN-Moderasi Beragama (KKN-MB) 078 IAIN Kudus yang bertempat…

3 hari ago