free page hit counter

Self Care Kunci Kesehatan Fisik & Mental Generasi Millenial & Z

santrimillenial.id – Generasi millenial dan Gen Z hidup di era yang semua hal serba cepat, penuh dengan tekanan dan juga tantangan. Mereka menghadapi berbagai permasalahan yang kompleks seperti tekanan dari media sosial, ekspektasi yang terlalu tinggi dari diri sendiri maupun lingkungan sekitar mereka hingga karir yang tidak pasti. Berbagai tekanan yang mereka terima dari berbagai sisi ini tentu dapat menyebabkan kesehatan mental maupun fisik mereka terganggu. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk menerapkan self-care sebagai siasat untuk menjaga kesehatan mental maupun fisik mereka. Self-care ini mencakup serangkaian tindakan yang dapat kita ambil untuk menyejahterakan fisik dan mental kita. Kegiatan ini tidak hanya sebatas kegiatan yang mewah seperti liburan dan kebebasan waktu. Bagi generasi millenial dan gen Z, self care juga berarti menyeimbangkan kehidupan digital dan nyata.

Tips Self Care

Lalu bagaimana praktik self care yang dapat generasi millenial dan Gen Z terapkan untuk menjaga keseimbangan hidup mereka. Beberapa praktik yang dapat merekalakukan adalah dengan mengatur batasan dengan teknologi. Pahami kapan waktu untuk menggunakan media sosial dan teknologi lainnya dan kapan waktu harus istirahat. Latihan fisik juga menjadi hal yang harus kita lakukan mengingat kesehatan fisik juga harus kita jaga. Praktik yang bisa mereka lakukan adalah dengan senam, gym maupun dengan sekadar jogging di pagi maupun sore hari. Latihan mindfullnes juga menjadi hal yang patut untuk dilakukan dalam rangka menjaga kesehatan fikiran kita, agar lebih positif thinking, lebih fokus bekerja dan mengurangi stress. Untuk mendukung ketiga hal tadi tidak kalah pentingnya bagi kita untuk mengatur jam tidur ita agar lebih teratur. Karena kualitas tidur kita sangat mempengaruhi bagaimana otak kita bekerja. Selain itu apabila merasa kesehatan mental maupun fisik sudah terganggu, maka jangan ragu – ragu untuk mencari bantuan seorang psikolog maupun dokter.

Selain cara cara diatas, hal yang dapat kita lakukan adalah dengan mengarahkan fikiran kita untuk senantiasa berfikir positif. Hal lain yang penting mereka lakukan adalah menghabiskan waktu luang dengan kegiatan yang menjadi hobi. Dan yang tidak kalah penting adalah bersosialisasi dengan orang lain di dunia nyata. Menjaga keseimbangan antara kehidupan fisik, mental, dan emosional adalah hal yang sangat penting. Maka penting untuk menjalankan rutinitas self care yang sederhana namun konsisten. Agar para generasi milenial dan gen Z dapat meningkatkan kesejahteraan dan menghadapi tantangan hidup dengan lebih tenang.

Anda mungkin juga suka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *