free page hit counter

Transfusi Ilmu (1)

santrimillenial.id – Manusia telah lama menjadi kajian bagi para ilmuan, karena manusia adalah mahluk yang paling unik dan sempurna. Oleh karena itu manusia dijadikan objek materil sekaligus formil dalam berbagai kajian ilmu pengetahuan (science), seperti psikologi, ekonomi, sosiologi, kesehatan, dan pendidikan. Walaupun memeiliki objek materil yang sama, yaitu manusia, ilmu-ilmu tersebut mempunyai objek formil yang berbeda. Ilmu psikologi memiliki objek formil tingkah laku manusia, sedangkan ilmu ekonomi terkait dengan kebutuhan hidup manusia dan cara memenuhinya, ilmu sosiologi berkaitan dengan antar hubungan sosial, ilmu kesehatan mempunyai objek formil kondisi-kondisi kehidupan, kemudian objek formil dalam ilmu pendidikan adalah pembinaan kepribadian manusia.

Kajian Terhadap Hakikat Manusia

Kajian terhadap hakikat manusia juga pernah dilakukan oleh Plato dan Rene Descartes mengemukakan bahwa manusia adalah makhluk yang terdiri dari dua dimensi, yaitu dimensi tubuh dan dimensi jiwa atau rohani. Kemudian Aristoteles mendefinisikan manusia sebagai zoon politicon, yaitu makhluk sosial, makhluk yang selalu berhubungan dengan manusia lainnya dimana makhluk yang pandai bekerjasama, bergaul dengan orang lain dan mengorganisasi diri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Hal serupa juga pernah dilakukan oleh ilmuan muslim, Imam Ghozali. Al Ghozali menjelaskan terkait konsep manusia, menurutnya, manusia tidak hanya mahluk jasmani, melainkan juga sebagai mahluk Rohani. Hal ini sesuai dengan konsep yang diberikan oleh Plato dan Rene Descartes, bahwa dimensi manusia terdiri dari 2, yaitu dimensi tubuh dan dimensi jiwa atau rohani. Dengan demikian, secara sederhana dapat kita simpulkan bahwa manusia adalah makhluk jasmani dan makhluk rohani.

Memenuhi Kebutuhan Jasmani

Berdasarkan konsep di atas, akan membantu kita untuk memahami konsep utuh manusia, sehingga kita akan lebih mudah untuk memenuhi hak-hak kita sebagai manusia. Seperti halnya mengkonsumsi makanan dan minuman setiap hari, adalah konskuensi logis dari konsep manusia sebagai makhluk jasmani. Karena dengan memenuhi kebutuhan manusia akan dapat menjalani kehidupan sehari-hari.

Manusia sebagai mahluk jasmani, agar manusia tetap sehat dan dapat melakukan aktivitasnya sehari-hari dengas baik, maka terdapat banyak hal yang harus dipenuhi terkait dengan kebutuhan jasmani. Kebutuhan jasmani berkaitan dangan fisik manusia, seperti makanan, minuman, pakaian, dan olahraga. Sehingga dengan memenuhi kebutuhan jasmani ini, kita akan hidup sehat. Dilansir dari halodoc.com terdapat tips untuk menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat. Seperti:

  1. Konsumsi Makanan Sehat Bergizi Seimbang
  2. Rutin Berolahraga
  3. Mengelola Stres dengan Baik
  4. Rutin Memeriksakan Kesehatan
  5. Istirahat yang Cukup

Urgensi Memenuhi Kebutuhan Jasmani

Dengan demikian, memenuhi kebutuhan jasmani merupakan sebuah kewajian bagi setiap orang. Karena dengan tercukupinya kebutuhan jasmani, maka rutinitas harian akan dapat dilakukan dengas baik, lantaran tubuhnya sehat. Akan tetapi, apabila kebutuhan jasmani tidak tercukupi, akibatnya adalah semua aktivitas akan terganggu, karena tubuh yang tidak sehat.

Begitupula manusia sebagai makhluk rohani, maka terdapat berbagai kebutuhan rohani yang harus dipenuhi seseorang. Kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yang berhubungan dengan kejiwaaan seseorang. Pembahasan lebih detail akan saya sampaikan di tulisan selanjutnya.

Anda mungkin juga suka.