free page hit counter

Penanaman Akhlak di Era Digital

santrimillenial.id – Di era kecanggihan teknologi saat ini, semakin besar tantangan yang dihadapkan di depan kita, termasuk permasalahan yang ada yaitu pendidikan moral dan akhlak. Selain memberi dampak positif bagi kita, kecanggihan teknologi juga berdampak kurang baik bagi anak-anak bangsa ini, terutama dalam kemosrotan akhlak dan moral. Banyak anak-anak yang berkecanduan dengan gadget, hingga ketika orang tua memanggilnya tak ada respon untuk menjawabnya. Dari kasus yang banyak dikeluhkan bagi orang tua terhadap anaknya yang terlalu berkecandu dengan gadget membuat penanaman pendidikan akhlak sejak dini sangat di penting untuk di terapkan. Dan perlunya pengawasan dan pembatasan terhadap pemakaian gadget terhadap anak-anak sangat penting untuk diterapkan, sehingga dalam pemakaian tidak seenaknya yang mereka inginkan. Selain itu  pendidikan akhlak yang ditanamkan sejak dini membuat anak-anak akan sadar dan belajar bagaimana berperilaku yang baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun lingkungan sekitarnya.

Metode Pendidikan Akhlak

  • Membiasakan Perilaku yang Baik

Dalam kehidupan sehari-hari, pastilah tidak akan terlepas dari aktivitas. Dari sini sebagai orang tua harus pandai-pandai dalam memberikan aktivitas yang baik bagi anak-anaknya supaya akan terbiasa dengan aktivitas tersebut.

  • Memberi Teladan

Memberi teladan yang baik memang sangat penting, anak-anak akan mencontoh apa yang mereka lihat didepan matanya. Oleh karenanya, jika dia dihadapkan dengan perilaku yang kurang baik mereka akan meniru perilaku tersebut, begitu sebaliknya. Dan menceritakan kisah-kisah yang dapat dijadikan suri tauladan bagi kehidupannya akan memberi rasa ingin mencontoh apa yang sudah mereka dengar tersebut.

  • Memberi Nasihat

Sebagai anak-anak akan lebih suka kalau mereka diperhatikan, jika mereka berperilaku yang salah dan ada yang menegurnya, mereka akan lebih senang dan beranggapan mereka sangat diperhatikan. Lain halnya, jika mereka acuh tak acuh mau berbuat semaunya dan tak ada yang memperhatikannya, mereka akan cuek dengan lingkungan dan sulit untuk di nasihati.

Semoga diera gempuran teknologi yang sangat canggih ini, kita tidak terlena dengan akhlak yang harus kita jaga demi kemaslahatan bangga yang bermoral ini.

Oleh: Istianah, PP. Khozinatul Ulum Blora

Anda mungkin juga suka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *