free page hit counter

Anjuran Membaca Surat Yasin Pada Malam Nisfu Sya’ban

santrimillenial.id – Nisfu Sya’ban termasuk malam yang istimewa, sehingga tak heran banyak umat islam untuk menyambutnya. Di malam ini, Allah memberi ampunan kepada seluruh makhluk-Nya. Oleh karena itu, pada malam nisfu sya’ban jangan sampai dilewatkan begitu saja.

Amalan-amalan Nisfu Sya’ban

Terdapat amalan-amalan yang dapat kita lakukan dimalam pengampunan ini. Salah satu amalan dalam nisfu sya’ban yakni dengan membaca surat yasin sebanyak 3 kali setelah sholat magrib. Surat yasin merupakan salah satu surat yang mulia dalam Al-Qur’an, dalam surat ini terdapat banyak nasihat dan keutamaan tersendiri.

Cara Pembacaan Surat Yasin

Dalam pembacaan surat yasin pada malam nisfu sya’ban terdapat tata cara tersendiri. Surat Yasin yang pertama kita niatkan semoga diberikan umur panjang, tetap iman dan islam dan diberikan ketaatan kepada Allah swt, sedangkan untuk pembacaan surat yasin yang kedua kita niatkan supaya terhindar dari musibah (tolak bala’) dalam kehidupan kita, dan untuk pembacaan surat yasin ketiga kita niatkan supaya diberikan rezeki yang cukup, halal dan berkah. Dan setelah itu kita berdo’a kepada Allah:

اَللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلاَ يُمَنُّ عَلَيْهِ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ، يَا ذَا الْطَّوْلِ وَالإِنْعَامِ. لآ إِلَهَ إلاَّ أَنْتَ ظَهَرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَأَمَانَ الْـخَائِفِيْنَ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الْكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُوْمًا أَوْ مَطْرُودًا أَوْ مُقَتَّرًا عَلَيَّ فِي الرِّزْقِ فَامْحُ اَللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَطَرْدِي وَإِقْتَارَ رِزْقِي وَأَثْبِتْنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الْكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ. فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِي كِتَابِكَ الْمُنَزَّلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ. يَمْحُ اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الْكِتَابِ. إِلَهِى بِالتَّجَلِّى الأَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ. الَّتِى يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ أَمْرٍ حَكِيْمٍ وَيُبْرَمُ. أَنْ تَكْشِفَ عَنَّا مِنَ الْبَلاَءِ مَا نَعْلَمُ وَمَا لاَ نَعْلَمُ. وَمَا أَنْتَ بِهِ أَعْلَمُ إِنَّكَ أَنْتَ الأَعَزُّ الأَكْرَمُ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ، وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Keistimewaan dimalam nisfu sya’ban yakni para para malaikat semua menjaga pintu-pintu langit, dan barangsiapa umat manusia berdo’a dan meminta ampunan, niscaya do’a tersebut akan dikabulkan.
Semoga kita dapat mengisi amalan-amalan yang baik dan meminta ampunan kepada Allah SWT pada malam nisfu sya’ban yang akan jatuh dimalam minggu, 24 Februari 2024 mendatang.

Oleh: Istianah, PP. Khozinatul Ulum Blora

Anda mungkin juga suka.