free page hit counter

Keutamaan Surat Al Mulk, Mencegah dari Siksa Kubur

santrimillenial.id – Surat Al Mulk atau dikenal juga dengan surat Tabarok yang terdiri dari 30 ayat. Surat ini surat Makkiyah karena diturunkan di Kota Mekkah. Surat Al Mulk memiliki arti kerajaan yang diambil dari kata dari ayat pertama.

Surat Al Mulk memiliki keistimewaan atau fadhilah, keistimewaan yang  berbeda dengan surat-surat Al-Qur’an lainnya. Salah satunya surat Al Mulk bisa menjadi penolong atau penghalang dari siksa kubur bagi orang yang sering membacanya.
dalam hadis Riwayat Tirmidzi yang berbunyi:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ عَبَّاسٍ الْجُشَمِىِّ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ  إِنَّ سُورَةً مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَهِىَ سُورَةُ تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan pada kami Muhammad bin Ja’far, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Qotadah, dari ‘Abbas Al Jusyamiy, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Ada suatu surat dari al qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu: “Tabaarakalladzii biyadihil mulku… (surat Al Mulk)” (HR. Tirmidzi)

Dan tak hanya itu saja keistimewaan surat Al Mulk, di antaranya barangsiapa yang membacanya di malam hari ia akan memperoleh banyak manfaat dan kebaikan.

Semoga kitab isa istiqomah dalam mengamalkan wirid surat Al-Mulk di setiap hari, dan semoga bisa mendapatkan keistimewaan dari surat tersebut.

oleh: Istianah

Anda mungkin juga suka.