free page hit counter

Amalan Bagi Wanita Haid Saat Bulan Ramadhan

santrimillenial.id – Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan kemuliaan dan keberkahan. Setiap amal kebaikan yang dilakukan saat bulan ini akan dilipat gandakan pahalanya, baik bagi seorang wanita maupun pria. Namun, apa daya bagi wanita. Siklus haid atau menstruasi bagi wanita akan mengalami fase tersebut tiap bulannya. Namun hal tersebut tidak dapat menjadi penghalang bagi wanita untuk beribadah dan mengisi bulan Ramadhan dengan amal kebaikan. Wanita muslimah tetap dapat menghidupkan bulan Ramadhan dengan amalan ibadah yang tentunya tidak mensyaratkan suci dari haid.

Amalan yang dapat dilakukan wanita haid pada bulan Ramadhan:

1. Bersedekah

Sedekah adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam agama dan tidak memerlukan syarat suci dari haid untuk melakukannya. Keutamaan sedekah sangat istimewa. Salah satunya, orang yang bersedekah disebutkan memiliki kelipatan 700 nilai dari apa yang disedekahkan. Apalagi jika dilakukan di bulan Ramadhan saat ini. 2.Memperbanyak berdzikir

Amalan berikutnya yang dapat dilakukan oleh perempuan yang sedang haid ialah memperbanyak dzikir di setiap saat dengan harapan mendapatkan keberkahan dari Allah swt. 3.Memberi makan untuk orang yang berbuka puasa

Salah satu amalan yang dapat dilakukan oleh wanita yang sedang haid ialah memberikan makanan kepada orang yang berbuka puasa. Disebutkan bahwa orang yang memberi makan untuk berbuka puasa mendapatkan pahala sebagaimana orang yang berpuasa.

عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ الجُهَنِيِّ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ‌مَنْ ‌فَطَّرَ ‌صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ، غَيْرَ أَنَّهُ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Artinya, “Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani, ia berkata: “Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang memberi makanan kepada orang untuk berbuka puasa, maka ia mendapatkan pahala sesuai orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sesdikitpun. (HR.at-Tirmidzi)

4.saling tolong menolong atau kerja sosial

Di antara yang bisa dilakukan oleh wanita haid untuk mengisi bulan Ramadhan dengan kebaikan ialah dengan melakukan kerja sosial. Kerja sosial yang dimaksud di sini mencakup menolong siapa saja yang membutuhkan bantuan. Termasuk di antaranya melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan, membantu menyiapkan berbuka untuk keluarga di rumah atau buka bersama di masjid atau yang lainnya dengan tujuan membantu orang lain.

Allah Ta’ala berfirman:

‌وَتَعَاوَنُواْ عَلَى ٱلۡبِرِّ وَٱلتَّقۡوَىٰۖ وَلَا تَعَاوَنُواْ عَلَى ٱلۡإِثۡمِ وَٱلۡعُدۡوَٰنِۚ Artinya, “Tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. (QS Al-Maidah: 2).

Amalan-amalan tersebut yang bisa dilakukan oleh para wanita haid saat bulan Ramadhan, oleh karena itu jangan merasa khawatir saat bulan yang penuh kemuliaan ini dalam memperbanyak amal kebaikan yang dalam keadaan haid. Semoga bermanfaat Kawan!!!

oleh: Istianah

Anda mungkin juga suka.