free page hit counter

24 Nama Sahabat Nabi Yang Mengajarkan Alqur’an

Santrimilenial.id_Para sahabat berpencar di berbagai wilayah, kemudian mereka mengajarkan al-Qur’an dan membimbing sebagian murid dari kalangan tabiin. Berikut ini akan dibahas mengenai nama-nama sahabat yang mengajarkan qiraat al- Qur’an kepada para tabiin, sebagai berikut:

1. Abu Bakar ash-Shidiq r.a. (51 SH 13 H), nama beliau Abdullah bin Utsman, beliau merupakan salah satu penghafal al-Qur’an sebagaimana yang ditulis oleh Imam Abu al-Hasan al-Asy’ari, beliau juga salah satu sahabat yang paling fasih dengan bukti menjadi Imam Kaum Muslimin.

2. Umar bin al-Khattab r.a. (40 SH-23 H). Abu al-‘Aliyah bin ar-Rayahi berkata: “Aku telah membaca al-Qur’an di hadapan Umar-radhiyallahu ‘anhu-sebanyak empat kali,” 120

3. Utsman bin ‘Affan r.a. (47 SH-35 H). beberapa tabiin yang mengambil qiraat dari beliau, antara lain: al- Mughirah bin Abi Syihab al-Makhzumi (seorang muqri’ di Syam), Abu Abdurahman as-Sulami, Zirr bin Hubaisy, Abu Aswad ad-Duali, dan tabiin lainnya.

4. Ali bin Abi Talib r.a. (23 SH-40 11), di antara tabiin vang menyimakkan bacaan al-Qur’an kepada beliau adalah Abu Abdurahman as-Sulami. Abu Aswad ad-Duali dan Abdurahman bin Abi Laila.

Selain Amirul Mu’minin


5. Thalhah bin Ubaidillah ra. (38 SH – 36 H). Beliau adalah salah seorang yang diberi kabar gembira masuk surga, dan salah seorang dari delapan orang pertama yang masuk Islam.

6. Sa’ad bin Abi Waqqash ra. (23 SH-55 H). Beliau adalah pembebas negeri Irak dan Kota Kisra, dan orang pertama yang membidikkan anak panah di jalan Allah-jihad dengan memanah. Beliau dipanggil dengan sebutan farisul Islam (ksatria penunggang kuda Islam), dan termasuk salah satu dari sepuluh orang yang diberi berita gembira masuk surga.

7. Abdullah bin Mas’ud ra. (wafat 32 H). Beliau pernah menyimakkan bacaan al-Qur’an kepada Baginda Nabi saw. dan banyak pula kalangan tabiin yang menyimakkan bacaan al-Qur’an kepada beliau, diantaranya: Ubaid bin Qays, al-Harits bin Qays, Ubaid bin Nadhlah, ‘Alqamah, Ubaidah as-Salmani, dan lainnya.

Ibnu Mas’ud pernah berkata: “Aku telah menghafal (al- Qur’an) di hadapan Rasulullah saw. 70 surah lebih”. Di antara qiraat yang bersambung kepada beliau adalah: Qiraat ‘Ashim, Hamzah, Kisai, Khalaf, dan al-A’masy.

8. ‘Amru bin al-‘Ash r.a. (50 SH58 H), beliau telah meriwayatkan suatu riwayat dalam qiraat al-Qur’an.

Sayyidul Qurro’


9. Ubay bin Ka’ab r.a. (wafat 21 H), sebutannya Sayyidul Qurra’ (pimpinan para ahli qiraat), beliau membaca al- Qur’an di hadapan Nabi saw. dan Nabi pun bersabda: “Yang paling pandai bacaannya di antara kalian adalah Ubay”. Di antara kalangan sahabat yang pernah menyimakkan bacaan al-Qur’an kepada beliau adalah:Abu Hurairah, Abdullah bin Abbas, dan Abdullah bin as- Saib. Sedangkan dari kalangan tabiin adalah: Abdullah bin ‘lyasy, Abdullah bin Habib, dan Abu al-‘Aliyah ar-Rayahi.

10. Abu Hurairah r.a. (21 SH 59 H), beliau telah menyimakkan bacaan al-Qur’an kepada Ubay bin Ka’ab. Adapun sanad Qiraat Abu Ja’far dan Qiraat Nafi’ bersambung kepada beliau.

11. Abdullah bin Umar bin al-Khattab r.a. (10 SH-73 H), beliau telah meriwayatkan beberapa huruf (qiraat) al- Qur’an.

12. Salim maula (orang kepercayaan) Abu Hudzaifah r.a., beliau merupakan salah satu dari empat sahabat yang diberi kepercayaan oleh Baginda Nabi saw. agar diikuti bacaan Al-Qur’annya, ketika beliau bersabda: “Ambillah (ikutilah) bacaan al-Qur’an dari empat orang (yaitu): Abdullah bin Mas’ud, Ubay bin Ka’ab, Muadz bin Jabal, dan Salim maula Abu Hudzaifah”, 121

13. Zaid bin Tsabit r.a. (11 SH-45 H), sekretaris Nabi saw., beliau orang kepercayaan Nabi dalam penulisan wahyu, dan salah seorang yang mengumpulkan al-Qur’an di masa Nabi. Beliau juga salah satu dari tim yang menulis dan menyalin mushaf al-Qur’an di masa Abu Bakr ash-Shiddiq dan Utsman bin ‘Affan-ketika Khalifah Utsman berniat mengirimkan mushaf al-Qur’an ke berbagai wilayah.

Zaid bin Tsabit telah menyimakkan bacaan al-Qur’an kepada Baginda Nabi. Dan di antara kalangan sahabat yang menyimakkan bacaannya kepada beliau adalah: Abu Hurairah, dan Ibnu Abbas. Sedangkan dari kalangan tabiin: Abu Abdurahman as-Sulami, Abu al-‘Aliyah ar- Rayahi, dan Yazid bin al-Qa’qa’.

14. Muadz bin Jabal r.a. (20 SH – 18H), beliau salah seorang yang mengumpulkan al-Qur’an secara hafalan di masa Baginda Nabi Saw., dan beliau juga telah meriwayatkan suatu riwayat dari qiraat al-Qur’an.

Habrul Ummah ( Ulamanya Umat)


15. Abdullah bin Abbas r.a. (3 SH-18H), sebutannya habr al- ummah (ulamanya umat) dan habr at-tafsir (ulama ahli tafsir), beliau telah menghafalkan al-Qur’an di masa Baginda Nabi, dan pernah menyimakkannya kepada Ubay bin Ka’ab dan Zaid bin Tsabit. Diantara beberapa tabiin yang pernah mengambil dan menyimakkan bacaan al- Qur’an kepada beliau adalah: Darbas maula Abdullah bin Abbas, Said bin Jubair, Sulaiman bin Qutaibah, Ikrimah bin Khalid, dan Abu Ja’far.

16. Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash r.a. (7 SH – 65 H), beliau telah menghafalkan al-Qur’an di masa Rasulullah saw., dan beliau adalah orang yang meminta tambahan kepada Rasulullah untuk mengkhatamkan al-Qur’an dalam kurun waktu tiga hari, kemudian Rasulullah saw. bersabda kepadanya: “Sesungguhnya seorang yang membaca al- Qur’an dalam waktu kurang dari tiga hari tidak akan memahaminya”.

17. Abdullah bin az-Zubair r.a. (1 H73 H), menurut pendapat Imam Abu ‘Amr ad-Dani, beliau telah meriwayatkan suatu riwayat dalam qiraat al-Qur’an.

Seorang Qori Makkah


18. Abdullah bin as-Saib al-Makhzumi r.a., nama kunyah-nya Abu as-Saib (wafat 70 H). Beliau adalah seorang qari Makkah, dan beliau meriwayatkan qiraatnya dari Ubay bin Ka’ab dan Umar bin al-Khattab. Di antara tabiin yang pernah menyimakkan bacaan al-Qur’annya kepada beliau adalah Mujahid bin Jubair, dan Mujahid pernah berkata tentang beliau: “Kami bangga dengan qarı kami, yaitu Abdullah bin as-Saib ra.”

19. Anas bin Malik ra. (wafat 91 H). beliau adalah sahabat sekaligus pelayan Baginda Nabi Saw, dan beliau telah meriwayatkan suatu riwayat dalam qiraat al-Qur’an. Di antara tabiin yang pernah membaca al-Qur’an kepada beliau adalah: Qatadah, dan Muhammad bin Muslim az- Zuhri ra.

20. Mujamma’ bin Jariyah r.a. (wafat 50 H), beliau adalah salah seorang yang mengumpulkan al-Qur’an di masa

Baginda Nabi saw. saat ia masih muda. Beliau telah meriwayatkan suatu riwayat dalam qiraat al-Qur’an. 21. Tsabit bin Zaid r.a. (wafat 12 H), beliau adalah salah seorang yang mengumpulkan al-Qur’an di masa Baginda Nabi saw.

22. Sa’ad bin Ubaid r.a. (wafat 16 H), beliau dijuluki Sa’ad al- Qari, dan termasuk salah seorang yang mengumpulkan al-Qur’an di masa Baginda Nabi saw.

Sang Muqri’ Damaskus


23. Abu ad-Darda’ ra. (wafat 32 H), nama lengkap beliau Uwaimir bin Zaid al-Anshari al-Khazraji, salah seorang yang mengumpulkan al-Qur’an di masa Baginda Nabi. Beliau membuat kelompok-kelompok ahli qiraat di masjid Damaskus per sepuluh orang, masing-masing kelompok terdapat seorang pengawas, beliau menjadikan Ibnu ‘Amir sebagai pengawas terhadap sepuluh orang. Oleh karenanya, ketika Abu Darda’ wafat, maka Ibnu Amir menggantikan beliau sebagai muqri’ di Damaskus.

Di antara tabiin yang menyimakkan bacaan al-Qur’an kepada Abu Darda’ adalah: Ummu Darda’ as-shugra (istri beliau), Abdullah bin ‘Amir, Khalid bin Ma’dan, Khulaid bin Sa’ad, dan Rasyid bin Sa’ad.

24. Hudzaifah bin al-Yaman al-Absi ra. (wafat 36 H), beliau telah meriwayatkan suatu riwayat dalam qiraat al- Qur’an.

Untuk memperjelas, nama-nama di atas merupakan 24 nama para sahabat yang mulia, para tabiin mengambil dan meriwayatkan bacaan dari mereka, sehingga para tabiin menjadi pemegang sanad tinggi yang mutawatir setelah para sahabat. Dan pada saat ini, anda tidak akan menemukan seorang pemegang sanad mutawatir kecuali dia menyatakan sebab kemutawatirannya dari salah satu sahabat yang mulia ini.

Oleh: Alma’ruf PP Salaf APIK Kaliwungu Kendal
Gambar:https://bincangsyariah.com/khazanah/tujuh-pusat-pendidikan-zaman-nabi/




Anda mungkin juga suka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *