free page hit counter

Pahala yang Setara dengan Ibadah Haji bagi Orang yang Tidak Mampu Menunaikannya

Ibadah Haji merupakan salah satu dari rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi yang mampu dan mempunyai bekal yang cukup, mulai dari berangkat sampai dengan kepulangannya. Oleh karena itu ibadah ini diwajibkan hanya sekali dilaksanakan seumur hidup. Sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an surat Ali-Imran ayat ke-97 yang berarti: Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam.” (QS Ali-Imran: 97).

Lantas bagaimana dengan orang yang tidak mampu melaksanakan ibadah haji, bisakah mendapatkan pahala setara dengan orang yang melaksanakan ibadah haji?

Perlu diketahui bahwa bagi orang-orang yang belum mampu melaksanakan ibadah haji karena bekal yang tidak mencukupi masih memungkinkan untuk mendapat pahala yang setara dengan ibadah haji, yaitu dengan melaksanakan ibadah salat jumat. Maka artinya, jika kita yang hadir dalam pelaksanaan salat jumat tergolong sebagai orang yang tidak mampu untuk melaksanakan ibadah haji, maka salat jumat tersebut merupakan ibadah haji bagi kita. Seperti dijelaskan pada salah satu hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas:  Salat Jumat adalah haji bagi orang-orang fakir. Dalam riwayat yang lain: Salat Jumat adalah haji bagi orang miskin.” (HR Ibnu Abbas).

Selain dengan salat jumat, ada beberapa ibadah-ibadah lain yang pahalanya juga setara dengan ibadah haji yang bisa kita lakukan semuanya, antara lain dengan secara istiqamah melaksanakan salat wajib secara berjamaah. Hal ini disebutkan Rasulullah SAW dalam haditsnya yang diriwayatkan at-Thabrani: “Siapa saja yang berjalan menuju salat wajib berjamaah, maka ia seperti berhaji. Dan siapa saja yang berjalan menuju salat sunnah, maka ia seperti melakukan umrah yang sunnah.” (HR at-Thabrani).

Dalam riwayat at-Thabrani yang lainnya juga menyebutkan bahwa pergi menuju masjid untuk melakukan ibadah dan kebaikan atau untuk belajar ilmu agama, maka hal itu sama pahalanya dengan melaksanakan ibadah haji “Siapa saja yang berangkat ke masjid, yang ia inginkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya.” (HR at-Thabrani).

Itulah beberapa amalan yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pahala yang sama dengan ibadah haji dan umrah. Oleh karena itu, jika kita termasuk golongan orang-orang yang tidak mampu untuk menunaikan ibadah haji, mari kita kerjakan secara istiqamah salah satu dari tiga, atau bahkan kita lakukan ketiganya sebagai jalan kita untuk mendapatkan pahala setara dengan ibadah haji.   

Oleh : Badrut Tamam, (PP As sholihiyyah, Semarang)

Anda mungkin juga suka.