free page hit counter

Seruan Perdamaian dari Habib Ja’far

santrimillenial.id – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Duta Damai Dunia Maya dan Duta Damai Santri 2023 di Prigen, Pasuruan, Minggu (8/10/2023). Pada kesempatan Rakornas ketujuh ini panitia menghadirkan Habib Husein Ja’far Al Hadar menjadi narasumber. Beliau menjadi pembicara pada sesi forum diskusi panel. Diskusi ini mengambil tema Membangun Indonesia Damai dari Sudut Pandang Pemuka Agama. Pada kesempatan tersebut menyerukan pentingnya aktif menyerukan narasi damai media digital.

“Sebagai duta damai, kita harus bertindak aktif, karena data Kementerian Agama (Kemenag), hanya 21 persen konten digital yang berkaitan dengan perdamaian, sedangkan 63 persen masih bernuansa negatif dan tidak damai. Oleh karena itu, kita semua harus menyebarkan nilai perdamaian di media digital karena lebih mudah, murah, dan efektif”, tegas Habib Millenial ini.

Keindahan dan kedamaian merupakan karunia Tuhan yang harus kita syukuri. Beliau mengambil contoh dari negara Afghanistan, yang hanya terdiri dari tujuh suku dan satu agama, tapi perang saudara terus berkecamuk. Sementara Indonesia dengan ribuan suku dan bermacam agama bisa damai dan bersatu.

Untuk itu, dia mengingatkan agar generasi muda menjadikan kedamaian sebagai inti perjuangan. Saling berkolaborasi dalam kebaikan bukan berkompetisi klaim kebenaran.

“Perdamaian akan menjamin kita umat beragama bisa beribadah dengan maksimal. Percayalah akan mengerikan apabila Indonesia tidak damai,” ucap Beliau.

Oleh : Meliana Octaviani

Anda mungkin juga suka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *