free page hit counter

Apakah Benar Minum Air Putih Sepenting itu?

santrimillenial.id – Banyak orang yang menganggap hal sepele dalam minum air putih, mereka beranggapan air putih hanya penghilang dehidrasi saja. Namun dibalik kesederhanaan tampilannya, ternyata air putih memiliki banyak keuntungan bagi tubuh kita.

Sebuah Penelitian

Berdasarkan penelitian ilmiah yang berjudul “Water, Hydration, and Health” dalam jurnal Nutrition Reviews tahun 2010, sebanyak 75 % dari berat tubuh manusia terdiri dari air. Air ini mengatur seluruh sistem dalam tubuh, mulai dari fungsi otak, sistem pencernaan, sistem pernapasan, dan lain-lain. Oleh karena itu setiap manusia diwajibkan untuk mengkonsumsi air minimal 8 Gelas per hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Minum air putih juga dapat membantu pembuangan racun dan hasil metobolismepun akan lebih lancar. Namun seringkali kita lalai dalam memperhatikan hal itu.

Pentingnya Air Putih

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih memiliki beragam fungsi bagi tubuh, antara lain:

  1. Menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  2. Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.
  3. Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.
  4. Menjaga kesegaran kulit.
  5. Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.

Nah, itulah beberapa khasiat yang kita peroleh dalam meminum air putih. Marilah kita perhatikan kesehatan diri, jangan remehkan hal-hal yang kamu anggap sepele bagi tubuh kita, lebih baik kita mencegah dari pada mengobati.

Sumber: https://stikesbanyuwangi.ac.id/manfaat-minum-air-putih/

Oleh: Istianah, Santri PP. Khozinatul Ulum Blora

Anda mungkin juga suka.