free page hit counter

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Penghujan

santrimillenial.id – Saat ini di beberapa wilayah sudah mengalami musim penghujan. Dengan perubahan cuaca saat ini banyak virus dan bakteri mudah untuk menyerang dan berkembang. Sehingga dalam musim penghujan seperti saat ini mempermudah kondisi kesehatan kita  rentan terkena penyakit, seperti halnya influenza, batuk, diare, demam berdarah dan pilek.  

Implikasi Banjir Terhadap Kesehatan

Selain itu, banjir yang sering terjadi pada musim hujan dapat memperburuk situasi kesehatan, terutama bagi orang-orang yang tinggal di daerah yang sering terkena banjir. Air banjir dapat terkontaminasi oleh kuman dan bakteri, yang dapat menyebabkan infeksi kulit, saluran pencernaan, dan bahkan penyakit menular yang serius seperti leptospirosis.

Tips Menjaga Kesehata Saat Banjir

Adapun beberapa hal yang penting untuk selalu diperhatikan agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan meminimalisir terpapar penyakit penyerta yang dapat terjadi ketika musim hujan berlangsung. Hal tersebut antara lain:

  1. Memperhatikan Gizi yang Seimbang dalam Menjaga Pola Makan

Pemenuhan asupan gizi sangat penting bagi daya tahan tubuh. Jika seseorang kekurangan nutrisi maka akan berisiko terkena penyakit infeksi. Sebaiknya perhatikan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan, serta minum air putih yang cukup, agar asupan gizi terpenuhi atau cukup. Jangan lupa untuk membatasi gula, garam, dan minyak.

2. Rutin Berolahraga

Berolahraga dapat memperbaiki mood dan yang paling penting, olahraga juga berperan dalam meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh. Berolahraga secara rutin agar tubuh tetap hangat, sirkulasi darah dan otot tetap terjaga.

3.    Menjaga Tidur yang Berkualitas

Melansir Journal of the National Sleep Foundation, tentang rekomendasi waktu tidur yang dikeluarkan oleh National sleep Foundation, Washington USA, rekomendasi waktu tidur perhari sesuai usia, yaitu:

a.    Anak usia 3-5 tahun selama 10-13 jam

b.    Anak usia 6-13 tahun selama 9-11 jam

c.     Anak usia 14-17 tahun selama 8-10 jam

d.    Dewasa 18-64 tahun selama 7-9 jam

e.    Usia lansia lebih dari 65 tahun selama 7-8 jam per hari

4. Selalu Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Ketika datang musim hujan kadang – kadang tubuh kita akan mudah basah dan lingkungan sekitar bisa juga berdampak banjir. Kondisi ini tentu menjadi faktor penyakit. Untuk itu, penting untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar kita.

Nah, pentingnya menjaga Kesehatan diri kita dimusim saat ini, lebih baik kita mengantisipasi dahulu sebelum terkena hal-hal yang tidak kita inginkan.

Sumber: artikel Kementerian Kesehatan

Oleh: Istianah, PP. Khozinatul Ulum Blora

Anda mungkin juga suka.