free page hit counter

Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

santrimillenial.id – Buah jambu biji merupakan salah satu buah tropis yang telah dibudidayakan di negara Indonesia. Dengan banyak khasiat  dan vitamin C dan rasa yang enak, buah ini banyak di minati oleh masyarakat setempat. selain itu jambu biji digunakan sebagai obat diare, disentri, dan menurunkan kolesterol. Jambu biji dapat dikonsumsi langsung maupun dijadikan berbagai olahan, contohnya jus dan selai. Tidak saja buah, daun jambu biji dapat dimanfaatkan untuk pengobatan seperti gangguan pada saluran cerna.

Kandungan Jambu Biji

Dalam satu buah jambu biji terdapat kalori serta beberapa nutrisi antara lain :

1.      Protein

2.      Serat

3.      Kalsium

4.      Magnesium

5.      Kalium

6.      Vitamin C

Jambu biji juga mengandung vitamin yakni vitamin A, vitamin B, vitamin K, vitamin E, serta mineral seperti selenium, zinc dan mangan.

Manfaat Jambu Biji

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, ada beberapa manfaat jambu biji yang dapat diambil, di antaranya:

  • Melancarkan saluran pencernaan

Manfaat buah jambu biji adalah melancarkan sistem pencernaan. Hal ini karena jambu biji mengandung serat yang tinggi dapat mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus.

Selain itu ekstrak daun jambu biji, diketahui dapat mengurangi intensitas buang air besar pada penderita diare, sekaligus menetralkan bakteri berbahaya di usus yang menyebabkan diare.

  • Memperkuat daya tahan tubuh

Buah jambu biji merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C diketahui dapat meningkatkan imunitas dan mengurangi risiko terkena penyakit infeksi.

  • Mencegah demam berdarah

Ekstrak daun jambu biji diduga dapat menghambat pertumbuhan virus Dengue yang menyebabkan penyakit Demam Berdarah Dengue. Daun jambu biji mengandung quercitin yang dapat meningkatkan jumlah trombosit dan menurunkan risiko perdarahan pada penderita DBD.

  • Menjaga kesehatan kulit

Manfaat jambu biji yang satu ini pasti sangat disukai oleh kaum hawa, yaitu menjaga kesehatan kulit, termasuk wajah. Hal ini karena jambu biji mengandung vitamin C yang berperan dalam pembentukan kolagen dan bersifat antioksidan, sehingga mampu mencegah tanda penuaan dini pada kulit.

sumber: KEMENKES Indonesia

Oleh : Istianah, Santri PP. Khozinatl Ulum Blora

Anda mungkin juga suka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *