free page hit counter

Pencegahan Penyakit Deman Berdarah di Pesantren

santrimillenial.id – Demam berdarah merupakan penyakit yang harus diwaspadai disaat musim penghujan. Penyakit ini ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegypty yang terinfeksi virus dengue. Pencegahan penyakit demam berdarah ini sangat penting, apalagi dalam lingkungan pesantren. Dengan lingkungan sangat rawan penyebaran nyamuk yang bisa membahayakan bagi santri. Sebelum mengetahui bagaimana cara penyegahan dari penyakit demam berdarah, lebih baiknya bagi kita terkhusus bagi pengurus mengetahui gejala dari penyakit demam berdarah, supaya dalam mengecek kesehatan santri bisa cepat dalam penanganannya.

Gejala Demam Berdarah

Ciri-ciri demam berdarah ini bisa dikenali lewat pendarahan, nyeri, gangguan pencernaan, berikut beberapa di antaranya:

1. Demam tinggi, mendadak, terus menerus, selama 2–7 hari.

2. Tanda perdarahan, seperti muncul ruam berupa bintik-bintik merah di kulit, mimisan, gusi berdarah, muntah berdarah, atau buang air besar berdarah.

3. Sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, atau nyeri di belakang mata.

4. Gangguan pencernaan yang ditandai mual, muntah, sakit perut di ulu hati atau di bawah tulang iga.

5. Terkadang disertai sakit tenggorokan, batuk, pilek yang mengakibatkan penderita merasa lemas, gelisah, dan kesadaran menurun.

Jika muncul beberapa gejala demam berdarah di atas, pihak pengurus diusahakan  segera membawa santri yang memiliki gejala ke dokter. Masalah kesehatan ini perlu penanganan medis yang tepat agar tidak berujung yang membahayakan.

Cara Mengatasi Demam Berdarah di Pesantren

Upaya pencegahan terjadinya penyakit demam berdarah yang bisa dilakukan diantaranya:

  • Menguras tempat penampungan air/ mengadakan ro’an kebersihan , minimal 1 minggu sekali
  • Menutup rapat tempat penampungan air
  • Mengubur barang barang bekas yang sekiranya dapat menjadi sarang nyamuk.
  • Mengadakan penyemprotan fogging di lingkungan pesantren
  • Mengadakan sosialisasi kesehatan dalam pencegahan penyakit demam berdarah dan bahaya dari penyakit tersebut kepada santri supaya bisa  menjaga kesehatan mereka.

Betapa pentingnya kita menjaga kesehatan bagi diri kita semua, lebih baik kita mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga kita senantiasa diberi kesehatan dan keselamatan. amin

oleh : Istianah

Anda mungkin juga suka.